Beranda lampung Bandar Lampung Mulai Besok Hingga 25 Maret, Razia Besar-besaran Digelar, Ini Pengendara Yang Dibidik...

Mulai Besok Hingga 25 Maret, Razia Besar-besaran Digelar, Ini Pengendara Yang Dibidik Polisi

0 views
0
BERBAGI

Bandar Lampung,(Radarpembaruan.com) – Selama tiga hari: 5-25 Maret,  Polda Lampung akan menggelar razia kendaraan bermotor.

Untuk keperluan itu, maka sebanyak 568 personel diterjunkan dalam Operasi Keselamatan Lalu Lintas 2018 itu.

Rinciannya, 94 anggota Polda dan 474 dari Polresta.

Lalu apa sasaran operasi lalu lintas itu?

Kapolda Lampung, Irjen Pol Suntana, mengatakan, operasi ini membidik pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara yang melawan arus, dan pengendara yang belum cukup umur.

Selain itu, pemotor yang tidak menggunakan helm SNI, dan yang berboncengan lebih dari satu orang.

Termasuk kendaraan yang tidak dilengkapi STNK, kelebihan kapasitas angkut, atau kendaraan yang mengunakan rotator atau sirene.

Adapun tujuan operasi ini adalah untuk menciptakan keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

“Operasi akan dilakukan di jalan raya. Kawasan jalan tertentu yang rawan pelanggaran, kecelakaan, dan kemacetan lalu lintas,” kata Suntana, saat memimpin Apel Keselamatan Lalu Lintas di Lapangan Mapolda Lampung, Kamis (1/3).

Menurut dia, mekanisme pelaksanaan Operasi Keselamatan Lalu Lintas adalah 80 persen pencegahan dan 20 persen penindakan.

Sistem Mobile

Direktur Lalu Lintas Polda Lampung, Kombes Kemas A Yamin, mengatakan, Operasi Keselamatan 2018 digelar serentak jajaran polres/polresta se-Lampung.

Ia berharap operasi ini bisa meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan berlalu lintas. Selain itu, untuk mewujudkan terciptanya keamanan dan ketertiban kelancaran lalu lintas.

Dalam pelaksanaan operasi nanti, sambung Yamin, petugas akan menggunakan sistem mobile untuk menemukan pelanggar.

Meski begitu, petugas akan mengedepankan teguran secara lisan dan teguran secara tertulis.

“Pelaksanaan operasi dengan hunting system (bergerak). Pelanggar akan diberikan teguran, dan tindakan bila diperlukan,” kata Yamin, Kamis.

Ia pun mewanti-wanti masyarakat pada momen Pilgub Lampung ini. Ia mengingatkan agar pengendara tetap memakai helm saat kampanye, dan tidak naik hingga ke atas kap mobil.

Terpisah, Satlantas Polres Lampung Selatan juga gelar pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan Krakatau 2018 di halaman Mapolres setempat, Kamis.

Kasatlantas AKP Rafly Yusuf Nugraha mengatakan, operasi ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan aturan berlalu lintas.

“Kami berharap teman-teman media sebagai pelopor gerakan keselamatan berlalu lintas turut mensosialisasikan kepada masyarakat. Sehingga bisa meningkatkan kesadaran masyarakat,” kata Rafly.

Polres Way Kanan menggelar pelatihan Pra-Operasi Keselamatan Krakatau 2018, Kamis kemarin.

KabagOps Polres Way Kanan mengatakan, kegiatan ini serentak dilaksanakan di Indonesia untuk mewujudkan keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. (trb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here