Beranda Pendidikan Jurusan Kesehatan Ini Ternyata Punya Peluang Kerja Luas Lho!

Jurusan Kesehatan Ini Ternyata Punya Peluang Kerja Luas Lho!

0 views
0
BERBAGI

Radarpembaruan.com –¬†Sampai sekarang, kedokteran masih jadi jurusan yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia karena memiliki peluang kerja luas dan penghasilan yang cukup tinggi.

Sebenarnya, di dunia kesehatan, tidak hanya jurusan kedokteran yang bisa memberikanmu kesuksesan. Banyak bagian dalam bidang ini yang ternyata mempunyai peluang kerja yang tidak kalah luas dengan seorang dokter. Berikut beberapa di antaranya.

Jurusan Radiologi

Kebanyakan orang akan berpikir di dunia kesehatan hanya biologi dan kimia saja yang harus dikuasai. Di jurusan radiologi, kamu tidak hanya belajar dua mata pelajaran itu saja. Kamu justru akan lebih banyak berhitung dan mendalami fisika. Jurusan radiologi ini mempelajari proses diagnosis dalam tubuh manusia dengan bantuan sinar X dan USG.

Peluang kerja kamu terbilang cukup luas karena bisa bekerja di berbagai tempat dengan menjadi terapis radiasi, konselor genetis, atau ahli pengobatan nuklir.

Jurusan Fisioterapi

Tertarik dengan anatomi? Jurusan fisioterapi ini cocok banget buat kamu. Kamu akan belajar lebih dalam tentang fungsi tubuh manusia seperti gerak otot, sendi, tulang dan peran organ tubuh untuk kelangsungan hidup manusia.

Kamu bisa menjadi fisioterapis di rumah sakit atau bahkan menjadi dokter spesialis pengobatan fisik dan rehabilitasi.

Jurusan Kesehatan Lingkungan

Di jurusan kesehatan lingkungan, kamu akan mempelajari masalah lingkungan seperti pengelolaan limbah dan sampah, ketersediaan air bersih, pencemaran lingkungan, serta sanitasi makanan. Kamu juga harus menemukan solusi untuk meminimalisir masalah tersebut.

Meski jurusan ini masih jarang terdengar, peluang kerjanya ternyata sangat luas, lho. Kamu bisa berkarier di dinas kesehatan atau perusahaan sebagai konsultan, manajer rumah sakit atau quality control. Ada berbagai jenis konsultan yang bisa kamu pilih, mulai dari konsultan air bersih, sampah hingga konsultan limbah.

Jurusan Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK)

Jurusan satu ini sangat sesuai untuk kamu yang tertarik dengan penyelesaian masalah kesehatan yang ada di masyarakat. Kamu akan menganalisa berbagai masalah kesahatan berdasarkan data, infromasi, serta status kesehatan masyarakat dan memberikan kebijakan yang bisa menjadi solusi permasalahan tersebut.

Lulus dari jurusan Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK), kamu bisa menjadi seorang manajer, baik manajer rumah sakit, puskesmas, atau layanan medis lain yang berhubungan dengan sistem kesehatan.

Jurusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Jika kamu memilih jurusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), kamu akan mempelajari berbagai resiko dan bahaya yang mungkin terjadi di tempat kerja lengkap dengan cara mencegah dan mengatasi bahaya tersebut.

Tidak hanya bekerja di rumah sakit, kamu bisa menjadi konsultan K3, spesialis K3, atau Pengawas dan Penyelidik Kebakaran di dalam perusahaan-perusahaan besar.

Dari banyaknya jurusan kesehatan yang memiliki peluang kerja luas, yang mana yang membuat kamu tertarik?(plp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here