Beranda lampung Tanggamus MIRIS! Rumdis Pejabat Tanggamus Terbengkalai

MIRIS! Rumdis Pejabat Tanggamus Terbengkalai

0 views
0
BERBAGI

Tanggamus,(Radarpembaruan.com) –  Memprihatinkan. Satu kata yang pas untuk menggambarkan kondisi rumah dinas (rumdis) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus saat ini. Pasalnya, Rumdis yang berlokasi dekat dengan rumah dinas Wakil Bupati Tanggamus tersebut terlihat terbengkalai, tak terawat dan rusak. Hal ini tentunya menjadi sorotan masyarakat.

Menurut salah seorang warga Kota Agung Wanto (30), di dekat rumdis Wakil Bupati Tanggamus tersebut ada dua rumah dinas yang terbengkalai dan kumuh, karena banyak sarana bangunan rumah yang sudah rusak, bahkan pendopo rumah rubuh.

Adapun kondisi memprihatinkan dari rumdis tersebut disebabkan tidak dihuninya oleh pejabat Tanggamus, sehingga fasilitas publik yang dibangun melalui APBD Tanggamus tersebut terkesan dibiarkan tak terawat, dan kondisinya merusak keindahan wajah Kota Kabupaten Tanggamus yang berjuluk Bumi Begawi Jejama ini.

“Lihat aja kondisi rumdis tersebut, sudah kosong, kotor, tumbuh semak rumput, dan kondisi bangunan juga sudah rusak, padahal biasanya ada biaya perawatan rumah dinas. Seperti rumdis yang berlokasi di samping rumdis wabup, bahkan rumdis disebelah kantor Lurah Kuripan, pendopo terasnya sudah rubuh, dibiarkan saja merusak pemandangan, beberapa tahun terakhir,” kata Wanto, Minggu (4/3/2018).

Kondisi tersebut juga menarik komentar warga lainnya, seperti yang dikatakan Veri (45). Menurutnya, kondisi beberapa rumah dinas di kabupaten ini terbengkalai dan rusak. karena para pejabat setempat memilih menolak untuk menempati perumahan tersebut.

Bahkan, banyak pejabat yang memilih pulang ke rumah masing-masing yang berlokasi di luar Tanggamus. Padahal seharusnya sebagai pelayan publik, para pejabat ini harus berdomisili di Ibu Kota Kabupaten, yaitu Kota Agung.

“Banyak sekali perumahan dinas yang tidak didiami pejabat, dibiarkan kosong, seharusnya tetap dijadwalkan ditunggu, jadi ada kesempatan masyarakat jika ingin menyampaikan aspirasinya kepada masyarakat tersebut. Kemudian jika memang tidak ditunggu karena alasan tertentu, harusnya pemkab menyuruh orang menjaga dan merawat rumah-rumah dinas itu, jangan dibiarkan saja seperti tidak peduli. Kan malu kalau ada pejabat luar Tanggamus yang bertamu ke rumdis wabup, disebelahnya rumah kosong, kumuh,” katanya.(plp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here