Beranda lampung Bandar Lampung Pengguna JKN-KIS Di Lampung Capai 57 Persen

Pengguna JKN-KIS Di Lampung Capai 57 Persen

2 views
0
BERBAGI

Bandar Lampung,(Radarpembaruan.com) –  Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sudah memasuki tahun ke-5 dan pada Tanggal 31 Desember 2017 jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sudah mecapai 187.982.949 jiwa.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung dr. Johana mengatakan, jumlah masyarakat yang telah mengikuti Program JKN-KIS hampir mencapai 72,9% dari jumlah penduduk Indonesia.

Menurutnya, untuk Provinsi Lampung sudah mencapai 5.448.715 jiwa atau 56,77 %. Bila diselaraskan dengan arah kebijakan dan strategi nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2019, cakupan kepesertaan minimal 95% pada awal Januari 2019.

“Namum bukan hanya dari aspek cakupan kepesertaan saja, keberlangsungan program ini menjadi tantangan dan diharapkan 11 lembaga negara yang diinstruksikan dalam Instruksi Presiden (Inpres) ini mampu saling menguatkan koordinasi dan mampu berperan sesuai dengan kewenangannya,” ujarnya saat menggelar Media Gathering dengan sejumlah media cetak, elektronik dan media online di Taman Santap Rumah Kayu Bandar Lampung, Kamis (8/3/2018).

Tidak hanaya itu, lanjut Johana, diperlukan juga peran dari berbagai pemangku kepentingan seperti fasilitas kesehatan, organisasi profesi, asosiasi terkait, media massa, serta masyarakat untuk memberi masukan konstrutif dan mendukung implementasi Program JKN-KIS.

“Sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam implementasi program JKN-KIS, Presiden Joko Widodo menerbitkan Inpres Nomor 8 Tahun 2017 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN dimana memerintahkan 11 lembaga negara untuk mengambil langkah sesuai kewenangannya dalam rangka menjamin keberlangsungan dan peningkatan kualitas Program JKN-KIS,” ungkapnya.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap peserta JKN-KIS, pihaknya juga meluncurkan aplikasi Mobile JKN, ini merupakan bentuk transformasi digital model bisnis BPJS Kesehatan yang semula berupa kegiatan administratif dilakukan di Kantor Cabang atau Fasilitas Kesehatan, ditransformasi kedalam bentuk Aplikasi yang dapat digunakan oleh peserta dimana saja kapanpun tanpa batasan waktu (self service).

“Untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN syaratnya sangat mudah, hanya perlu mengunduh aplikasi melalui Google Play Store dan Apple Store. Aplikasi ini direkomendasikan untuk telepon pintar yang menggunakan sistem android versi 4.0 ke atas dan sistem iOS 10,” jelasnya.(plp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here