Beranda lampung Bandar Lampung Tiga Anak Lampung Dari Klub Nonton Terpilih Sebagai Peserta Temu Komunitas Film...

Tiga Anak Lampung Dari Klub Nonton Terpilih Sebagai Peserta Temu Komunitas Film Indonesia

0 views
0
BERBAGI

Bandar Lampung,(Radarpembaruan.com) – Sebagai Komunitas yang bertonggak di dunia perfilman, Klub Nonton turut menghadiri kegiatan TKFI (Temu Komunitas Film Indonesia) 2018. Setelah tahun 2016, tahun ini TKFI kembali hadir bagi komunitas film dan khalayak perfilman nasional. Selama tiga hari, dari 23-25 Maret 2018, berbagai pelaku perfilman akan berbagi dan berkegiatan bersama di Gedung Seribu Cahaya, Sukabumi, Jawa Barat.

TKFI tahun ini terselenggara atas kolaborasi Spektakel dan Sukabumi Sinema Indie Forum, dengan dukungan dari Badan Perfilman Indonesia (BPI), Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf), dan Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusbangfilm). Turut berpartisipasi juga Cinema Poetica, Raketti, Serunya, Wahana Kreator, Viddsee, Universitas Multimedia Nusantara, Popcon Inc, Infoscreening, dan Studio Antelope sebagai mitra program.

Sampai dengan batas akhir pendaftaran, tercatat 335 peserta dari 98 komunitas yang tersebar di 41 kota/kabupaten. Mayoritas berasal dari Pulau Jawa, dengan 3 komunitas dari Sumatera, 2 dari Kalimantan, 2 dari Sulawesi, dan 1 dari Maluku. Para peserta akan datang dengan biaya sendiri, dengan segala kebutuhan akomodasi dan konsumsi selama kegiatan ditanggung oleh penyelenggara TKFI 2018.

Satu dari tiga komunitas yang berasal dari Sumatera ialah Klub Nonton, sebuah komunitas eksebisi film yang bergerak di Lampung. Klub Nonton sendiri berharap dengan adanya acara TKFI ini, mereka dapat memperluas jaringan perfilman dengan rekan-rekan komunitas di seluruh Indonesia demi memajukan perfilman daerah, yaitu Lampung.

Adapun dalam kegiatan TKFI ini terdapat beberapa kelas tematik berbentuk workshop yang juga diikuti oleh perwakilan dari Klub Nonton setelah berhasil lolos dalam tahap seleksi yang diadakan oleh panitia. Kelas tematik yang dimaksud sendiri ada empat, yaitu: pengelolaan festival film, pengelolaan produksi film, promosi dan publikasi kegiatan komunitas, serta kuratorial film yang dipandu oleh berbagai narasumber dari perfilman nasional.

Tercatat ada 73 pendaftar untuk kelas pengelolaan festival film, 71 untuk pengelolaan produksi film, 63 untuk kelas promosi dan publikasi, serta 75 orang untuk kelas kuratorial film. Peserta setiap kelas diseleksi dan dibatasi maksimal 30 orang, kecuali kelas kuratorial film yang hanya bisa memberi tempat bagi maksimal 15 orang.

Dua diantara tiga perwakilan Klub Nonton yang melakukan registrasi kelas dan berhasil masuk untuk Kelas Pengelolaan Festival Film dan Kelas Promosi dan Publikasi Kegiatan Komunitas, adalah Nada Khalisha dan Fery Ardian. Sementara Ryan Ramadhan Jansen memang disiapkan untuk menjadi perwakilan dalam menghadiri forum-forum terbuka yang telah disiapkan oleh panitia.

Para delegasi sendiri berharap mereka dapat menambah teman dengan mengikuti kegiatan ini, memperkenalkan Lampung kepada peserta-peserta lain dari luar daerah, dan juga mengharumkan nama Lampung di kancah nasional.

Prestasi dan Pengalaman Perfilman Komunitas (Klub Nonton)

1.Tahun 2012 – 2014
Sejak Juni 2012, Klub Nonton merupakan acara rutin bulanan, kecuali pada bulan Agustus 2012, yang tidak dilaksanakan karena bertepatan dengan bulan Ramadhan.

Klubnonton istirahat selama dua bulan pada Maret dan April 2013 dan akan kembali diadakan setiap bulan, dimulai pada minggu kedua Mei 2013, hingga Februari 2014, dengan formula dan program yang sama, eksebisi film pendek.

Beberapa film dari sineas Lampung dan luar Lampung telah diputar di acara ini. Beberapa sineas non Lampung yang telah mengizinkan film pendeknya diputar diantaranya adalah Joko Anwar, Ifa Isfansyah, Bewe Purbanegara, Sammaria Simanjuntak dan beberapa nama lain yang menyemarakan dunia film pendek di Indonesia.

Per Februari 2014, Klub Nonton vakuum dari kegiatan pemutaran.

2.Tahun 2017
Pada 29 Maret 2017, KlubNonton turut menyukseskan acara layar tancap dalam peringatan Hari Film Nasional bersama Kementerian Pendidikan dan Badan Perfilman Indonesia.

Klub Nonton juga turut menyukseskan acara Premiere film pendek karya salah satu sutradara yang berasal dari Lampung, Aji Aditya. Film berjudul “A Letter for Mommy” yang diperankan aktor kawakan Chicco Jerikho dan aktor cilik Lampung Aryo Bonang tersebut terselenggara pada 10 September 2017.

3.Tahun 2018
Per Februari 2018 Klub Nonton kembali aktif menjadi acara eksebisi bulanan. Pada 25 Februari 2018, Klub Nonton menjadi penyelenggara lokal program Focus on : Kamila Andiri, sebuah acara pemutaran film-film karya Kamila Andini, sutradara asal Jogjakarta.

Klub Nonton pada Maret 2018 ini juga ikut dalam acara nonton bareng film karya Kamila Andini, “Sekala Niskala” yang tayang di Bioskop. Klub Nonton terpilih sebagai salah satu komunitas yang menghadiri TKFI (Temu Komunitas Film Indonesia) 2018 dengan dua diantara tiga delegasi menjadi peserta kelas tematik, dan satu delegasi untuk forum perfilman.

Untuk kedepannya, Klub Nonton memilliki rencana untuk mengadakan eksebisi dalam rangka Hari Film Nasional 2018, dan acara-acara bulanan lainnya.

Pengalaman Peserta Dalam Bidang Perfilman

Nada Khalisha (P/19)
(Kelas Pengelolaan Festival Film)

1.Peserta Terpilih Workshop Penulisan Skenario Tingkat Dasar – Angkatan II Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia
Bogor, 24-31 Mei 2016

2.Script Continuity dan Clapper
“A Letter for Mommy” Produksi Film Pendek ZIVAFilm Production House Pahawang, Copyright 2017

3.Sutradara
Behind The Scene “A Letter for Mommy” Produksi Behind The Scene Film Pendek ZIVAFilm Production House Pahawang, Copyright 2017

4.Co-Fasilitator
Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) Seniman Film Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia SMKN 8 Bandarlampung, 2017

5.Script Continuity dan Clapper
“Run Boy Run” Produksi Film PendekZIVAFilm Production House Pahawang, Copyright 2018

6.Storymaker
“Eunoia” Produksi Film Pendek Analogi Aksara Production House Balikpapan, Copyright 2018

7.Peserta Terpilih
Scriptwriting Clinic PIFF Movie Clinic Plaza Indonesia Film Festival Jakarta, 2018

8.Sekretaris dan Bendahara Kegiatan
Focus on : Kamila Andini Lampung Pemutaran Film-film Kamila Andini Klub Nonton Bandarlampung, 2018

9.Ketua
Klub Nonton Komunitas Eksebisi Film Lampung 2018 – sekarang

10.Peserta Terpilih dari Klub Nonton
Kelas Pengelolaan Festival Film Temu Komunitas Film Indonesia Spektakel dan Sukabumi Sinema Indie Forum Sukabumi, 2018

Fery Ardian (L/20)
(Kelas Promosi dan Publikasi Kegiatan Komunitas)

1.Kepala Graphic Designer dan Public Relations Officer
Klub Nonton Komunitas Eksebisi Film Lampung 2017-sekarang

2.Graphic Designer dan Public Relations Officer Kegiatan
Focus on : Kamila Andini Lampung Pemutaran Film-film Kamila Andini Klub Nonton Bandar Lampung, 2018

3.Peserta Terpilih dari Klub Nonton
Kelas Promosi dan Publikasi Kegiatan Komunitas Temu Komunitas Film Indonesia Spektakel dan Sukabumi Sinema Indie Forum Sukabumi, 2018

Ryan Ramadhan Jansen (L/20)
(Kelas Promosi dan Publikasi Kegiatan Komunitas)

1.Event Coordinator
Focus on : Kamila Andini Lampung Pemutaran Film-film Kamila Andini Klub Nonton Bandar Lampung, 2018

2.Kepala Fundraising
Klub Nonton Komunitas Eksebisi Film Lampung 2018-sekarang

3.Peserta Terpilih dari Klub Nonton
Delegasi Komunitas dalam Forum Perfilman Temu Komunitas Film Indonesia Spektakel dan Sukabumi Sinema Indie Forum Sukabumi, 2018. (Rils)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here