Beranda lampung Bandar Lampung Bawaslu Temukan 93 Titik APK Liar, Paling Banyak Milik Paslon Urut 2

Bawaslu Temukan 93 Titik APK Liar, Paling Banyak Milik Paslon Urut 2

0 views
0
BERBAGI

Bandar Lampung,(Radarpembaruan.com) –  Terkait temuan Alat Peraga Kampanye (APK) dari 15 Kabupaten/kota per tanggal 23-26 Maret 2018, terdapat 93 titik pemasangan APK yang tersebar diluar zona yang ditetapkan KPU.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung mengimbau pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk menurunkan pemasangan APK diluar zona yang ditetapkan KPU.

Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Fatikhatul Khoiriyah, mengatakan bahwa Bawaslu telah membahas bersama KPU dan LO dari pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, terkait lokasi pemasangan APK. Hasilnya, berdasarkan kesepakatan bersama, APK yang terpasang diluar zona yang telah ditetapkan KPU harus ditertibkan.

“Tadi kita sudah membahas bersama KPU dan LO, terkait pemasangan APK. Sesuai dengan kesepakatan, APK yang diluar zona KPU harus ditertibkan,” ujarnya di Aula Bawaslu, Selasa (27/3/2018).

Lanjut Khoir, APK yang tidak sesuai dengan peraturan, mayoritas terbanyak pada Paslon nomor urut 2 (Herman HN- Sutono), disusul nomor urut 1 (Ridho- Ficardo- Bachtiar Basri, dan nomor urut 3 (Arinal- Nunik) sedangkan untuk nomor urur 4 tidak ditemukan APK. Adapun beberapa tipe APK liar yang ditemukan oleh Bawaslu Provinsi Lampung adalah sebagai berikut baliho tidak sesuai dengan ukuran, baliho tidak sesuai dengan Zona, banner tidak sesuai dengan desain yang ditetapkan.

“Kita minta kepada paslon agar menertibkan APK yang diluar zona KPU. Hari ini, saya sudah menandatangani tiga atau empat surat rekomendasi ke KPU. Jadi setelah rekomendasi dikeluarkan, 1×24 jam harus sudah bersih,” jelasnya.(plp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here