Beranda lampung Bandar Lampung Resmi, Hari Ini Tol Lampung dari Bakauheni-Lematang Bisa Dilewati 24 Jam dan...

Resmi, Hari Ini Tol Lampung dari Bakauheni-Lematang Bisa Dilewati 24 Jam dan Gratis

0 views
0
BERBAGI

Lampung Selatan,(Radarpembaruan.com) –  Bagi masyarakat yang ingin pulang kampung menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru, mulai Sabtu (22/12/2018), bisa menikmati ruas tol trans Sumatera (JTTS) atau Tol Lampung.

Ruas JTTS Bakauheni-Lematang resmi dioperasikan selama 24 jam dan masih gratis. Ruas ini memiliki panjang sekitar 87 kilometer.

Sedangkan JTTS ruas Kotabaru-Terbanggi Besar (Lampung Tengah) dioperasikan situasional.

Artinya akan beroperasi jika terjadi kemacetan jalan lintas Sumatera di kawasan Tegineneng, Bandar Jaya dll.

“Untuk tol ruas Bakauheni- Lematang dioperasikan 24 jam. Ini untuk mengantisipasi adanya kemacetan pada Jalinsum.

Terutama jika titik jalinsum di Rangai Tritunggal, Katibung terjadi banjir,” Kata Kasat Lantas Polres Lampung Selatan AKP Reza Khomeini kepada Tribunlampung.co.id, Sabtu (22/12/2018).

Ia mengatakan untuk ruas Lematang- Kota Baru sampai dengan Terbanggi Besar, berdasarkan surat PT Hutama Karya Tol ke Polda Lampung dapat difungsikan sewaktu-waktu apabila dibutuhkan.

Pengoperasian jalan tol ruas Bakauheni-Lematang dilaksanakan selama operasi lilin sejak tanggak 21 Desember hingga 1 Januari 2019 mendatang.

“Untuk posko kita buat 4 posko di dalam tol. Pada kilometer 33 Sidomulyo dan kilometer 87 masing-masing disisi kanan dan kiri. Di rest area ini disiapkan untuk pengisian BBM,” kata AKP Reza Khomeini.

Kepala Jalan Tol cabang Bakauheni – Terbanggi Besar PT HK, Hanung Hanindito mengatakan untuk ruas Bakauheni – Lematang/Kotabaru akan dioperasikan 24 jam pada pelayanan Nataru.

“Sedangkan untuk ruas Kotabaru – Terbanggi Besar sifatnya kondisional. Jika Polda Lampung minta untuk dibuka, akan kita buka untuk dioperasikan,” kata Hanung, Sabtu (22/12/2018).

Lebih lanjut Hanung mengatakan untuk ruas Bakauheni – Lematang/Kotabaru seluruh sarana penunjang seperti lampu jalan dan rambu-rambu sudah dipasang.

Begitu juga dengan guardril pada sisi jalan. Untuk rest area yang bisa digunakan oleh pengendara ada di kilometer 33 dekat exit tol Sidomulyo.

Di rest area ini disiapkan mushola, tempat istirahat dan juga untuk pengisian BBM.

“Untuk rest area sifatnya masih sementara. Tetapi sudah bisa digunakan pengguna jalan. Sudah ada kios, mushola, tempat istrahat,” ujarnya.

Jalinsum dan Jalinpantim

Kapolres Lampung Selatan AKBP M. Syarhan mengatakan jajarannya akan melakukan tindakan tegas terukur (tembak ditempat) bagi para pelaku kejahatan yang mengancam para pengguna pada pelaksanaan operasi lilin Krakatau 2018 pelayanan natal dan tahun baru.

“Sesuai dengan arahan bapak kapolda, mengambil tindakan tegas terukur bagi para pelaku kejahatan yang mengancam jiwa dan keselamatan pengguna jalan dan juga masyarakat,” kata Kapolres.

AKBP M Syarhan menambahkan pihaknya memberikan perhatian pengamanan terhadap jalur jalinsum dan jalinpatim secara menyeluruh.

Seluruh jalur Jalinsum dan jalinpatim akan diperkatat pengamanannya.

“Kita telah melakukan mapping titik-titik rawan. Tapi kita akan memberikan prioritas yang sama untuk pengamanan disepanjang jalinsum dan jalinpatim,” tegasnya.

Pada gelaran operasi lilin Krakatau 2018 ini, sebanyak 857 pesonal gabungan diturunkan di wilayah Lampung Selatan.

Personel terdiri dari unsur kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pol PP akan diterjunkan dalam gelaran operasi Lilin Krakatau 2018.

Menurut AKBP M. Syarhan, personel gabungan akan ditempatkan dipos-pos pelayanan, pengamanan dan juga pos terpadu pelayanan Natal dan Tahun Baru.

Ada sebanyak 17 posko disepanjang jalinsum dan jalinpatim yang nantinya didirikan.

Dimana untuk posko utama (terpadu) akan didirikan di Bakauheni dan bandara Radin Inten II.

“Rencananya pada pelayanan Nataru kali ini jalan tol trans Sumatera (JTTS) sudah akan dioperasikan. Dan kita rencananya akan membuat 10 posko, baik di dalam jalur tol maupun di persimapangan (jalur interchange),” kata AKBP M. Syarhan.(trb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here