Beranda lampung Tulang Bawang Di Akhir Masa Bakti, DPRD Tulangbawang Sahkan Delapan Raperda

Di Akhir Masa Bakti, DPRD Tulangbawang Sahkan Delapan Raperda

0 views
0
BERBAGI

MENGGALA (radarpembaruan.com) — Menjelang akhir masa bakti periode 2014-2019, DPRD Kabupaten Tulangbawang mengesahkan delapan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (Perda). Pengesahan Raperda itu, melalui rapat paripurna dan penandatanganan nota kesepakatan, di ruang rapat utama DPRD Kabupaten Tulangbawang, Jumat (2/8/2019).

Rapat paripurna itu pun dibuka dan dipimpin langsung Ketua DPRD Tulangbawang Sopi’i, didampingi Wakil l Aliasan, Wakil ll Herwan Saleh dan Wakil lll Mursidah serta dihadiri Bupati Tulangbawang Winarti. Dari delapan Raperda itu, empat merupakan usulan inisiatif legislatif yakni Raperda Penanggulangan Bencana, Raperda Bank Sampah, Raperda Jaminan Kelestarian Lingkungan Hidup Berkelanjutan, dan Raperda Kawasan Tanpa Rokok. Sementara empat Raperda yang diajukan pihak Eksekutif yakni Raperda Sistem Penyediaan Air Minum, Raperda Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Kampung, Raperda Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Kampung, serta Raperda Badan Permusyawaratan Kampung.

Rapat paripurna DPRD Kabupaten Tulangbawang ke 8 masa rapat ke ll tahun 2019 itu pun membahas, Pengesahan Program Pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Tulangbawang tahun 2020, Pengesahan Rancangan Keputusan DPRD Kabupaten Tulangbawang tentang Rencana Kerja tahun 2020, dan Pembicaraan Tingkat II atas Raperda Kabupaten Tulangbawang tentang APBD tahun anggaran 2020.

Seusai menandatangi keputusan nota kesepakatan dan berita acara Raperda menjadi Perda Kabupaten Tulangbawang. Sopi’i mengajak peserta rapat paripurna Flash Back ke lima tahun sebelumnya.

“Di gedung dewan yang terhormat ini. Persis lima tahun lalu, tepatnya 19 Agustus 2014 telah dilaksanakan rapat paripurna istimewa dengan agenda pengucapan sumpah atau janji anggota DPRD Kabupaten Tulangbawang masa jabatan 2014-2019. Prosesi itu menandakan awal dari masa pengabdian, kami sebagai anggota Legislatif diperiode kali ini,” kata Sopi’i.

Agustus ini, adalah masa persidangan yang terakhir, seiring berakhirnya masa jabatan anggota DPRD tahun 2014-2019. Sesuai Keputusan DPRD Nomor : 170/20/KEP/DPRD/TB/XI/2018 tentang rencana kerja DPRD Kabupaten Tulangbawang tahun 2019, akan dilakukan rapat paripurna pengucapan sumpah atau janji anggota DPRD masa jabatan 2019- 2024.

Sopi’i turut meminta maaf atas segala kekurangan mereka dalam pengabdian selama lima tahun belakangan, sebagai wakil rakyat Kabupaten Tulangbawang.

“Tidak ada gading yang tak retak, tidak ada manusia yang sempurna. Atas nama pimpinan dan anggota dewan yang terhormat, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada hadirin sekalian. Apabila dalam, kami melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai anggota DPRD banyak kekurangan disana sini. Semoga semua itu, tercatat sebagai amal ibadah dan tercatat dalam sejarah Kabupaten Tulangbawang,” ujar dia.

Sementara itu, Bupati Tulangbawang Winarti mengapresiasi legislatif yang telah menyetujui Raperda yang diajukan menjadi Perda. Mengingat betapa pentingnya suatu kepastian produk hukum dalam penyelenggaraan pemerintahan.(ltc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here