Beranda lampung Lampung Tengah Fakta-fakta Insiden Baku Tembak Polisi-Penjahat di Lampung Tengah

Fakta-fakta Insiden Baku Tembak Polisi-Penjahat di Lampung Tengah

0 views
0
BERBAGI

LAMPUNG TENGAH (radarpembaruan.com) — Baku tembak antara polisi dan penjahat berinisial, AL, di Lampung Tengah bikin geger warga. Seperti apa fakta-fakta insiden tersebut?

Peristiwa yang terjadi pada, Minggu (4/8/2019) sore, itu bak sebuah adegan film. Aksi saling tembak tersebut terjadi dekat dengan Polsek Terbanggi Besar, Lampung Tengah.

Pelaku berinisial, AL, itu disebut Polda Lampung merupakan DPO yang sudah lama menjadi buronan karena terlibat sejumlah kasus kriminalitas.

Berikut Fakta-fakta terkait insiden baku tembak tersebut:

1. Kronologi Baku Tembak

Dari informasi yang diperoleh, Tim Resmob Polres Lampung Tengah awalnya mendapat informasi bahwa DPO (buronan), AL, berada di sekitaran Bandar Jaya mengendarai Mobil Honda Jazz warna Putih.

Setelah mendapat informasi tersebut, Tim Resmob Polres Lamteng langsung melakukan Penyisiran dan mendapatkan mobil tersebut sedang berjalan dekat dengan Polsek Terbanggi Besar.

Tim Resmob kemudian langsung melakukan penyergapan dengan menghentikan kendaraan tersebut. Namun, pelaku mengeluarkan tembakan dengan mengarahkan ke Anggota Resmob. Sehingga terjadi baku tembak.

Dikonfirmasi , Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad membenarkan adanya insiden baku tembak tersebut.

Pandra menjelaskan pelaku sudah lama menjadi DPO kepolisian. “Iya. Betul sekali. (Kasus) narkoba dan curanmor juga. Saat ini petugas sedang melakukan pengejaran terhadap pelaku,” kata Pandra, Minggu (4/8/2019) malam.

2. Pelaku Diperkirakan Terluka

Akibat baku tembak dengan petugas, pelaku diperkirakan mengalami luka tembak di bagian bahu dan paha.

Dari rekaman video warga usai baku tembak tersebut, terlihat ada bercak darah di dashboard dan jok mobil Jazz yang dikendarai pelaku. Mobil Jazz warna putih itu ditinggalkan pelaku di jalan.

3. Bawa Kabur Mobil Polisi

Meski diperkirakan mengalami luka, Pelaku justru nekat berupaya meloloskan diri.

Dari video yang terekam warga dan viral di media sosial dan aplikasi percakapan, pelaku yang mengenakan baju putih dan celana panjang itu awalnya keluar dari mobil Honda Jazz putih yang dikendarainya.

Sempat terlihat kebingungan, pelaku kemudian nekat menuju mobil Avanza hitam milik polisi yang saat itu masih dalam posisi menghalangi mobil Jazz yang dikendarainya di tengah jalan.

Pelaku lalu masuk ke mobil milik polisi tersebut yang pintu kanannya masih terbuka. Sempat terdengar beberapa kali suara tembakan, sebelum akhirnya pelaku berhasil membawa kabur mobil tersebut.

4. Terlibat Sejumlah Kasus Kriminalitas

Pelaku berinisial, AL, itu disebut pihak kepolisian telah lama menjadi DPO (buronan) karena terlibat dalam sejumlah kasus kriminalitas.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan ulah pelaku sudah sangat meresahkan masyarakat.

Menurut Pandra pelaku terlibat dalam sejumlah kasus kejahatan seperti narkoba, pencurian kendaraan bermotor (curanmor), hingga kasus pencurian dengan pemberatan (curat), dan pencurian dengan kekerasan (curas).

“Jadi setelah kami konfirmasi langsung ke Kapolres Lampung Tengah, pelaku ini kejam dan jahat. Sudah banyak laporan dari warga, dan sudah sangat meresahkan,” kata Pandra, Minggu (4/8/2019) malam.

5. Polisi Masih Kejar Pelaku

Hingga Selasa (6/8/2019) siang, Polisi masih melakukan pengejaran terhadap pelaku yang diperkirakan melarikan diri ke arah PT Humas Jaya.

“Petugas di lapangan masih melakukan pengejaran kepada Pelaku,” kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad, Selasa (6/8/2019) siang.

Menurut Pandra Polda Lampung ikut memback-up pengejaran terhadap pelaku berinisial, AL, tersebut.

“Polda Lampung memback-up Polres Lampung Tengah. Begitu juga Polres terdekat/perbatasan membantu Polres Lamteng,” ujar Pandra. zul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here