Beranda lampung Bandar Lampung Kader PKB Lampung Diminta Maju Pilkada Serentak

Kader PKB Lampung Diminta Maju Pilkada Serentak

0 views
0
BERBAGI

BANDAR LAMPUNG (radarpembaruan.com) — Partai Kebangkita Bangsa (PKB) menaruh harapan besar pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) delapan kabupaten/kota di Lampung.

Para kader potensial di wilayah setempat diharapkan dapat berpartisipasi dan menang dalam pesta rakyat lima tahunan tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Bidang Kesehatan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB Muhammad Khadafi, Rabu (28-8-2019).

Anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 itu mengatakan, geliat para kader PKB di seluruh tanah air harus diimbangi juga oleh para kader di Lampung.

“Tren PKB secara nasional terus meningkat. Maka untuk Pilkada serentak di tahun depan sangat kita harapkan para kader PKB untuk dapat tampil,” kata Ketua Kadin Lampung itu.

Karenanya, saat ini DPP PKB terus memantau pergerakan dan aktifitas para kader di bawah. “Kita sudah mulai melihat figure-figur kader partai yang mumpuni, guna diusung pada Pilkada 2020,” ujarnya.

Sebab, sambung dia, PKB berharap kader yang didorong maju Pilkada merupakan sosok yang diinginkan masyarakat.

“Jadi nantinya kader yang didorong maju pilkada memang punya kapasitas, popularitas dan track rekord positif di masyarakat,” jelas Ketua Hipmi Lampung itu.

Kontestasi Pilkada serentak delapan kabupaten/kota di Lampung dipandang Khadafi sebagai momentum yang baik untuk lebih meningkatkan citra PKB kedepannya.

“Setelah pemilihan di 2020 ini, nanti aka ada pemilihan lagi di 2024 (Pilgub). Maka Pilkada 2020 ini akan menjadi basis yang luar biasa, kalau kita tepat memilih kader-kader maupun calon yang kita usung,” terangnya.

Sebab, kata dia, citra PKB di Lampung harus kian meningkat dari tahun ke tahun. “Saat ini wakil gubernur (Cusninia) dari PKB. Beliau berharap ada peningkatan terus,” tuturnya.

Saat ditanya siapa saja sosok bakal calon kepala daerah PKB Lampung, Khadafi tak menyebut nama. Namun dia menegaskan bahwa PKB punya banyak kader yang layak dicalonkan pada pilkada mendatang.

“Banyak kader potensial PKB, belum lagi dari NU, juga banyak. Tinggal kita lihat siapa yang punya kapasitas dan kemungkinan bersar untuk terpilih,” jelas wakil ketua PWNU Lampung itu.

Sebab, sambung dia, saat ini PKB benar-benar mempersiapkan diri menghadapi Pilkada 2020 dengan serius. “Embak Nunik —sapaan Wagub Lampung— juga berharap yang dicalonkan bisa menang, baik di kota maupun kabupaten,” tuturnya.

Lebih lanjut dia menyebut bahwa PKB merupakan partai milenial. Sehingga tak menutup kemungkinan kalau nantinya akan ada bakal calon muda yang diusung PKB pada pilkada mendatang.

“Sekarang banyak sekali figur milenial dari PKB yang berhasil mendapat kepercayaan dari masyarakat,” katanya.

Beberapa waktu lalu Khadafi sempat digadang maju Pilwakot Bandarlampung. Namun secara tegas dia menyetakan mau fokus menjalankan amanah di legislatif selama lima tahun mendatang (periode 2019-2024). “Sekarang saya di DPR RI dulu, berjuang di legislatif,” katanya.

Sebab dimata Khadafi, wakil rakyat dan kepala daerah punya tugas dan tanggung jawab yang sama dalam membangun suatu wilayah.

Sementara soal tahapan pilkada, menurut dia sampai saat ini DPP belum memberikan intruksinya kepada daerah-daerah. “Untuk tahapan secara rilnya belum. Mungkin dalam waktu dekat akan ada intruksinya dari DPP,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Sekretaris DPW PKB Lampung Oktarijaya. Menurut dia, PKB Lampung masih menunggu intruksi dari pusat untuk melaksanakan tahapan Pilkada di 2020. “Tahapan belum kita bahas, sebab belum ada petunjuk dari pusat,” kata dia.

Soal siapa saja kader internal yang siap maju Pilkada dan lobi-lobi dengan partai lain, dia pun belum dapat menyebutkannya. “Untuk pilkada sekarang masih belum, sebab saat ini kan baru selesai Muktamar PKB dan sebentar lagi mau ada pelantikan DPRD Provinsi” ujarnya.(hmc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here