Beranda lampung Miris…!!! Destinasi Wisata Lampung Tengah Ini Luput Dari Perhatian Pemerintah

Miris…!!! Destinasi Wisata Lampung Tengah Ini Luput Dari Perhatian Pemerintah

6 views
0
BERBAGI

LAMPUNG TENGAH — Selain dikenal sebagai penghasil padi, ternyata Kabupaten Lampung Tengah juga memiliki banyak destinasi wisata andalan yang dapat mendatangkan pemasukan pendapatan daerah.

Seperti objek wisata Curup (air terjun) Lestari di Kampung Kota Batu, Kecamatan Pubian, Lampung Tengah, Lampung.  Meski memiliki keeksotisan tersendiri sehingga wajib dikunjungi para wisatawan disaat libur tiba, namun objek wisata satu ini belum terangkat kepermukaan.

Penyebabnya pun banyak. Diantaranya, infrastruktur jalan belum memadai, saran prasarana wisata belum terpenuhi, serta tidak tersedianya anggaran oleh pemerintah daerah Lampung Tengah untuk mengelola destinasi wisata tersebut.

Padahal jika dikelola dengan baik, Curup Lestari  yang memiliki ketinggian lebih kurang 30 meter ini sangat menjanjikan. Bahkan bisa menghidupkan perekonomian bagi masyarakat sekitar. Namun, hal itu masih jauh dari harapan.

“Seharusnya ini bisa dipasarkan jika pemerintah ada kemauan. Ini salah satu potensi wisata menjanjikan,” ungkap Paeran, Anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Curup Lestari saat berdiskusi dengan Paguyuban Jurnalis Lampung Tengah (PJLT), Minggu (16/2).

Jarak tempuh objek wisata Curup Lestari dari ibu kota Kabupaten Lampung Tengah, yaitu Gunungsugih, memakan waktu tempuh sekitar 2 jam. Sedangkan jarak dari Kampung Kota Batu ke lokasi air terjun lebih kurang 2 Km. Meski begitu, masyarakat sekitar sudah menyediakan ojek yang siap antar jemput dari Kampung Kota Batu menuju lokasi wisata air terjun dengan ongkos sebesar Rp 25 ribu.

Objek wisata Curup Lestari ini, kata Paeran, masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Dilokasi air terjun, objek wisata ini sudah dilengkapi beberapa sarana prasarana penunjang wisata seperti objek wisata umumnya. Tak heran jika objek wisata satu ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan berbagai komunitas pecinta alam setiap libur akhir pekan. Kawasan objek wisata ini juga menarik untuk dijadikan sebagai spot berswa photo.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here